Selasa, 14 Juni 2011

60 Calon Mahasiswa Unpad Mundur

Sekitar 60 calon mahasiswa (cama) Universitas Padjadjaran yang telah diterima melalui SNMPTN jalur undangan dan menerima Bidik Misi mengundurkan diri dari program Bidik Misi. Rektor Unpad Ganjar Kurnia mengatakan, 60 mahasiswa ini mengaku kepada pihak universitas kalau mereka tidak berhak menerima Bidik Misi, karena mampu. Namun, walaupun tidak menerima Bidik Misi, mereka tetap dinyatakan lulus SNMPTN jalur undangan.

"Didoakan beneran miskin itu sepertinya ampuh juga, karena akhirnya pada mengaku. Setelah kami verifikasi data dan visitasi pun mereka memang mampu bayar kuliah, bahkan ada yang sanggup membayar biaya pengembangan kampus," turur Ganjar di Bandung, Selasa (14/6).


Menurut Ganjar, Unpad juga telah memanggil pihak sekolah yang diduga melakukan kesalahan pengisian data untuk calon mahasiswa yang direkomendasikan menerima Bidik Misi. Ganjar berharap pada tahun mendatang kejadian ini tidak akan terulang lagi

Unpad masih menunggu ha-sil SNMPTN jalur tertulis dan Saringan Masuk Unpad (SMUP), karena dari dua jalur ini juga akan ada mahasiswa yang berhak menerima Bidik Misi. Pada tahun ajaran 2011-2012 Unpad menyediakan 500 beasiswa Bidik Misi dari total sekitar 6.000 mahasiswa baru. 80 siswa

Sementara itu, Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Akhmaloka menjelaskan, dari sekitar 1.900 siswa yang diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan, ada sekitar 80 siswa yang tidak mendaftar ulang saat registrasi. Mereka selanjutnya dianggap mengundurkan diri.

Dari jumlah yang diterima tersebut, Akhmaloka menambahkan, akan ada sekitar 550 orang yang menerima beasiswa penuh berupa pembebasan biaya kuliah selama studi di ITB.

"ITB sebenarnya hanya menerima jatah beasiswa Bidik Misi 450 orang dari Kementerian Pendidikan Nasional, tetapi yang nantinya akan dapat beasiswa penuh sekitar550 orang. Sudah kita panggil yang 550 orang ini," katanya saat ditemui di sela e-Indonesia Initiative Forum VII2011 di Aula Barat ITB, Jln. Ganeca, Kota Bandung, Selasa (14/6).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar